..:: Djakarta Info ::..: it's all about jakarta info

 
myprofile

Name: ojack_djakarta
Home: Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: A series that spawned a movie, Cowboy Bebop tells the tale of Spike Spiegel and his crew of future bounty hunters (Jet Black, Faye Valentine, Ed and Ein)
See my complete profile

advertising

previouspost
myarchives
mylinks
bloginfo




Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Powered by  MyPagerank.Net

hit counter

denero's diary
elo siapa ..???

Margahayu Land

« Home | Previous Article » | Previous Article » | Previous Article » | Previous Article » | Previous Article » | Previous Article » | Previous Article » | Previous Article » | Previous Article » | Previous Article »

Google
Web Blog ini

Monday, January 08, 2007

Cara Kerja Jammer

Perangkat jammer bekerja dengan cara menimbulkan power yang berlebihan ke ponsel dengan cara mengirimkan sinyal yang memiliki frekuensi yang sama. Nah pada tingkat power yang cukup, sinyal dari jammer dan ponsel akan saling bertabrakan dan akibatnya dapat saling menghilangkan.

Memang di ponsel terdapat rancangan untuk menambahkan power jika mereka mengalami inteferensi kecil. Namun jammer pun mampu mendeteksi dan meningkatkan power pada level yang tepat untuk mengganggu ponsel yang sedang on.

Ponsel merupakan peralatan full duplex yang berarti menggunakan dua buah frekuensi. Satu untuk berbicara dan satu lagi untuk mendengarkan. Keduanya bekerja dalam waktu yang bersamaan.

Beberapa jammer hanya melakukan pemotongan sinyal dari salah satu frekuensi yang digunakan oleh ponsel, namun ini tetap memiliki efek pada kedua sinyal ponsel. Cara ini akan menyebabkan ponsel menjadi tertipu dan mengira bahwa tidak ada layanan atau jaringan.

Peralatan jammer yang sederhana hanya mampu memblok satu jenis frekuensi. Jenis perangkat ini tentunya tidak akan bekerja dengan baik bila ditujukan bagi ponsel yang berkemampuan dual-mode atau tri-mode. Ponsel-ponsel seperti ini tetap akan dapat bekerja dengan beralih secara otomatis ke jaringan lain.

Oleh karena itu kini juga terdapat jammer yang memiliki kemampuan yang lebih canggih lagi sehingga dapat memblok beberapa tipe jaringan sekaligus.

Peralatan-peralatan jammer yang canggih dapat memblok semua frekuensi dalam waktu bersamaan, sementara yang lainnya hanya dapat digunakan pada frekuensi spesifik.

Apa yang diperlukan untuk bisa melakukan jammer? Mudah saja, cukup dengan peralatan yang dapat melakukan penyebaran sinyal (broadcast) pada frekuensi yang tepat. Meskipun ponsel-ponsel dengan merek berbeda memproses sinyal dengan cara yang berbeda juga, namun semua jaringan ponsel menggunakan sinyal radio yang dapat diinterupsi.

Selama masih berbasis radio, apakah itu teknologi GSM, CDMA, TDMA atau AMPS dan juga beroperasi pada frekuensi 900MHz, 1800MHz, dan 1900MHz, jammer tetap dapat melakukan.

Selain itu jammer dapat menjangkau luas wilayah tertentu sesuai dengan power yang dimilikinya.

Namun untuk wilayah atau daerah seperti pengunungan, atau terhalang oleh dinding biasanya jammer akan mengalami hambatan.

Jammer berkekuatan rendah bisa menjangkau jarak sekitar 9 meter, sedangkan jammer berkekuatan besar dapat menjangkau wilayah seluas lapangan bola.

Peralatan yang digunakan oleh militer bahkan dapat mematikan sinyal ponsel hingga jangkauan 1,6 km. Ada juga peralatan jammer yang sudah terpasang langsung di kendaraan militer dan memiliki jangkauan yang lebih luas hingga 3 km.


baca juga:
Penggunaan Jammer Ponsel

posted by ojack_djakarta 2:03 PM  

 
0 Comments:

Post a Comment